MAHASISWA KKN PPM UAD MELAKUKAN PEMBERDAYAAN PENGOLAHAN BUAH LABU KUNING SEBAGAI PANGAN FUNGSIONAL

Administrator 27 Agustus 2017 23:49:09 WIB

Wonolelo-SID. Buah labu kuning sebagai bahan pangan fungsional masih berpeluang tumbuh dan berkembang saat ini. Hal itu bisa terwujud dengan melakukan bimbingan terhadap masyarakat. Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang dimotori oleh Dra. Iis Wahyuningsih,Msi., Apt. dan Dr. Wahyu Widyaningsih,Msi., Apt. beserta 26 mahasiswa yang tergabung dari berbagai fakultas dan prodi, mencoba menggerakkan perempuan di Desa Wonolelo untuk mengembangkan bahan makanan fungsional tersebut. Hal ini dikemas dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) periode LXIII yang berlangsung mulai 31 Juli sampai dengan 4 september 2017.

Secara spesifik, sasaran dari kegiatan ini adalah menghasilkan masyarakat (perempuan -red) yang memahami dan dapat mempraktekkan pengolahan buah labu kuning. Dengan adanya usaha pengoptimalan pengolahan makanan diharapkan dapat meningkatkan kecukupan gizi dan pendapatan masyarakat. Selain itu, juga adanya hubungan yang harmonis antara dunia perguruan tinggi khusunya UAD dengan masyarakat.

Dalam perwujudannya, dilakukan diversifikasi buah labuh kuning diantaranya : Tepung, Mie, Biskuit, Kuaci, Sirup, Selai, Kripik Stik, Minuman. Limbah berupa kulit buah labu dibuat Pupuk Organik Cair yang berguna sebagai peningkatan kualitas tanaman, sehingga program ini bisa menjadikan buah labuh kuning yang kaya akan manfaat dan tidak meninggalkan banyak limbah. (Adit-uad)

Komentar atas MAHASISWA KKN PPM UAD MELAKUKAN PEMBERDAYAAN PENGOLAHAN BUAH LABU KUNING SEBAGAI PANGAN FUNGSIONAL

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Info Perkembangan Kasus Covid-19

Open Data for Gender

Open Data for Gender Inclusive Development

Open Government Indonesia

Aplikasi Rubah KK Online

Aplikasi Cetak KTP Online

Pengembangan Potensi Masyarakat

Waktu

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License