Tingkatkan Kemampuan, Wonolelo adakan Pelatihan SID

Administrator 22 Desember 2017 01:17:24 WIB

Wonolelo-SID. Pemerintah desa Wonolelo bekerjasama dengan Dinas Kominfo Kabupaten Bantul adakan Pelatihan Sistem Informasi Desa (SID) untuk pamong desa. Kegiatan ini dilaksanakan pada kamis (21/12) bertempat di rumah Dukuh Ploso Desa Wonolelo. Kegiatan ini dipandu oleh Yan Arif dari Dinas Kominfo Bantul, serta diikut oleh Pamong Desa Wonolelo, mulai dari Kasi, Kaur, Staff hingga beberapa kepala Dusun. 

Lurah Desa Wonolelo Puji Astuti Sugiyanta dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan pelatihan SID ini dimaksudkan untuk menambahkan kemampuan seluruh pamong desa Wonolelo dalam penggunaan SID. Dia berharap, setelah diadakannya pelatihan ini, seluruh pamong desa yang ada di Desa Wonolelo bisa melayani warga dalam mengurus persuratan, kecuali pengurusan data kependudukan. Hal ini juga sebagai upaya mensukseskan pelayanan satu pintu yang dilaksanakan di Desa Wonolelo.

"Untuk data kependudukan, tidak bisa dilayani oleh seluruh pamong, karena ini terkait dengan kewenangan hak akses dalam system infomrasi admnistrasi kependudukan", tambahnya.

Pelatihan SID ini difokuskan untuk memanfaatkan aplikasi persuratan yang sudah ada dalam SID. Yan Arif, dalam paparannya menyampaikan, untuk persuratan sudah ada template yang bisa digunakan. Dengan template yang sudah ada, bisa mempermudah seluruh pemong desa dalam melayani kebutuhan masyarakat dalam mengurus persuratan yang ada.

"User tinggal memasukkan NIK warga yang membutuhkan dokumen yang ingin dicetak, selanjutnya mencatat keperluan. Setelah itu, semua akan bisa dicetak dengan cepat", lanjut Yan. 

Salain itu, Yan juga memberikan contoh, bagaiman cara membuat template surat yang beluma ada di dalam aplikasi ini. Dengan adanya pelatihan ini, Yan berharap, seluruh pamong desa Wonolelo memiliki kemampuan untuk menggunakan SID dan mempermudah serta mempersingkat pelayanan terhadap warga Wonolelo. (Louth)

Komentar atas Tingkatkan Kemampuan, Wonolelo adakan Pelatihan SID

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Info Perkembangan Kasus Covid-19

Open Data for Gender

Open Data for Gender Inclusive Development

Open Government Indonesia

Aplikasi Rubah KK Online

Aplikasi Cetak KTP Online

Pengembangan Potensi Masyarakat

Waktu

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License