Yasinan Sebagai Sarana Belajar Kepemimpinan

12 April 2018 22:00:24 WIB

Wonolelo-SID. Jama’ah Masjid Nurul Islam Melikan mengadakan acara Sholawatan bareng pada kamis (12/4) bertempat di Masjid Nurul Islam. Kegiatan ini merupakan yasinan gabungan dari kelompok anak-anak baik putra maupun putri dan kelompok majlis sholawatan rutin malam jum’at yang diadakan oleh bapak-bapak jama’ah masjid Nurul Islam. Kegiatan ini dihadiri oleh anak-anak, remaja masjid , takmir masjdi serta jama’ah masjid Nurul Islam Melikan.

Kegiatan yang diawali dengan pembacaan sholawat Al Barzanji ini juga sebagai sarana doa bersama guna kesuksesan anak-anak yang sedang dan yang akan mengikuti mengikuti Ujian Akhir Nasional. Secara serempak dan kompak, dengan dipimpin oleh Drs. Sriyono, satu persatu bait dalam kitab albarzanji dibaca dengan alunan lagu-lagu syair lama. Selain itu, acara Sholawatan bersama ini dimaksudkan untuk menggugah semangat seluruh peserta jamaah masjid Nurul Islam, terutama anak-anak, agar lebih aktif mengikuti kegiatan yasinan rutinan setiap malam jum’at.

Muhyidin, S.Tp, salah satu sesepuh jamaah masjid dalam sambutannya menyampaikan, masjili yasinan rutinan yang biasa dilakukan malam jum’at merupakan sarana belajar kepemimpinan. Dalam kegiatan itu, seluruh peserta belajar untuk menjadi pemimpin baik itu memimpin tahlil ataupun memimpin dalam melantunkan syair-syair sholawat Albarzanji.

Yasinan kui ugo sarana belajar ngaji, secara tidak langsung, iso di nggo sarana ngapalke surah yasin (Yasinan itu juga sebagai tempat belajar mengaji, secara tidak langsung bisa sebagai sarana menghafal surah  Yasin)”, Imbuhnya

Dia juga menceritakan, banyak warga perantauan yang dulunya alumni kelompok yasinan merasakan manfaatnya. Kebanyakan dari mereka dijadikan Kaum Rois di wilayah perantauan tersebut.

Kegiatan Sholawatan bareng ini diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin oleh H. Zudi Syakuri, dan dilanjutkan dengan makan ingkung bersama. (Louth)

Komentar atas Yasinan Sebagai Sarana Belajar Kepemimpinan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Info Perkembangan Kasus Covid-19

Open Data for Gender

Open Data for Gender Inclusive Development

Open Government Indonesia

Aplikasi Rubah KK Online

Aplikasi Cetak KTP Online

Pengembangan Potensi Masyarakat

Waktu

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License