Aksi Simpati Permudah Warga Mengurus Dokumen Kematian

02 Juni 2018 20:11:25 WIB

Wonolelo-SID. Pemerintah Desa Wonolelo terus berupaya memperbaiki pelayanan terhadap warga masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah Akte Kematian Sehari Jadi (Aksi Simpati) bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul. Program ini merupakan inovasi dari Disdukcapil untuk mempermudah warga masyarakat memperoleh dokumen kependudukan berupa akta kematian. Persyaratan yang dibutuhkan bagi warga yang meninggal pada saat itu adalah : 

  • FC KTP Pelapor
  • FC KK Pelapor
  • FC KTP 2 Orang Saksi
  • Surat Pengantar Kematian Dari Desa Setempat
  • FC surat Nikah (bagi yang memiliki) / Surat pernyataan (Form bisa di dapat di balai desa)

Setelah semua persyaratan lengkap, langsung laporkan kepada petugas registrasi di Desa masing

Dalam kurun waktu bulan Mei 2018- tanggal 2 Juni 2018, lebih dari 5 warga masyarakat Desa Wonolelo menerima manfaat dari program tersebut. Terakhir kali, Pemerintah desa Wonolelo pada Sabtu (2/6) menyerahkan dokumen berupa akta kematian Almarhumah Ny. Sulastri kepada Keluarga. Dokumen tersebut diserahkan langsung Oleh Lurah Desa Wonolelo, Puji Astuti Sugiyanta pada saat upacara pemberangkatan Jenazah. Dokumen ini diterima oleh perwakilan dari Keluarga, Arwanudin.

Selain menyerahkan dokumen kematian, Lurah Desa Wonolelo juga menyampaikan tentang program Aksi Simpati.

"Aksi simpati ini diberikan kepada warga yang meninggal pada saat itu. Untuk warga yang sudah meninggal lama, tidak bisa memanfaatkan program ini",Imbuhnya. 

(Louth)

Komentar atas Aksi Simpati Permudah Warga Mengurus Dokumen Kematian

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Info Perkembangan Kasus Covid-19

Open Data for Gender

Open Data for Gender Inclusive Development

Open Government Indonesia

Aplikasi Rubah KK Online

Aplikasi Cetak KTP Online

Pengembangan Potensi Masyarakat

Waktu

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License