Bantu Jaga Kesehatan, Mahasiswa PBL Stikes Surya Gobal adakan Penyuluhan Jajanan Sehat

25 Juli 2018 13:03:44 WIB

Wonolelo-SID. Mahasiswa Praktek Belajar Lapangan (PBL) Stikes Surya Global Yogyakarta adakan Penyuluhan Kesehatan kepada siswa SDN Cegokan pada rabu (25/7). Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa kelompok B Dusun Cegokan. Dalam kesempatan itu, mereka menyampaikan materi tentang "Jajanan Sehat". Kegaitan penyuluhan ini dimaksudkan untuk memberikan pengertian kepada seluruh keluarga besar SDN Cegokan  tentang menjaga kesehatan yang diawali dengan mengkonsumsi makanan sehat. 

Kegiatan penyuluhan ini dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama diikuti oleh siswa kelas 4-6 dan sesi ke dua diikuti oleh siswa kelas 1-3. Pada sesi pertama, mahasiswa memberikan pre test untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang makanan sehat. Tetapi pre test ini tidak dilakukan pada sesi ke dua karena melihat usia anak-anak yang belum memiliki penalaran yang cukup. Setelah mengetahui pengetahuan siswa dari pre test, mahasiswa PBL itu memberikan penjelasan tentang bagaimana memilih jajanan sehat disertai dengan contohnya. 

Setelah melaksanakan penyuluhan, mahasiswa kembali memberikan test kepada siswa, untuk mengetahui peningkatan kemampuan tentang jajanan sehat. Dan dari hasil post test, ada peningkatan pengetahuan siswa-siswi SDN Cegokan tentang jajanan sehat.Pada pre test didapatkan hasil 50%, setelah adanya penyuluhan ada peningkatan sebanyak 70%. 

Salah satu mahasiswa Stikes Surya Global, Caca Tiarafani Anwar yang dihubungi pewarta desa menyampaikan, segala macam penyakit dimulai dari pencernaan. 

"Sumber utama segala penyakit berasal dari pencernaan,oleh karenanya jagalah kesehatan pencernaan dimulai dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan halal", Imbuh Caca.

Selain itu, dia berharap dengan adanya penyuluhan ini, siswa-siswi SD N Cegokan dapat membedakan jajanan yang sehat dan tidak sehat, sehingg tidak mudah terserang penyakit karena jajanan yang dikonsumsi. 

Mengakhiri penyuluhan, mereka memberikan moto kepada anak-anak "ANAK HEBAT....JAJANYA PASTI SEHAT", "SALAM SEHAT". (Rosna Uno / Louth)

Komentar atas Bantu Jaga Kesehatan, Mahasiswa PBL Stikes Surya Gobal adakan Penyuluhan Jajanan Sehat

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Info Perkembangan Kasus Covid-19

Open Data for Gender

Open Data for Gender Inclusive Development

Open Government Indonesia

Aplikasi Rubah KK Online

Aplikasi Cetak KTP Online

Pengembangan Potensi Masyarakat

Waktu

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License