Hadapi Pilurdes dan Pemilu, Satpol PP Kab. Bantul adakan Pelatihan Linmas di Desa Wonolelo

26 Juli 2018 11:18:15 WIB

Wonolelo-SID. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bantul adakan pelatihan Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat (Linmas). Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu (25/7) bertempat di aula balai Desa Wonolelo. Acara ini diiktui oleh seluruh anggota Linmas Desa Wonolelo. Selain dihadiri oleh Kabid Linmas Satpol PP Kabupaten Bentul, acara ini dihadiri oleh Muspika Kecamatan Pleret, KPU Kab. Bantul dan juga Pemdes Desa Wonolelo. Acara pelatihan ini dimaksudkan guna persiapan pengamanan menjelang pemilihan lurah dan Pemilu.

Dalam Pemaparannya,Kabid Linmas Satpol PP Kab. Bantul, Tri Budiarto, S.STP menyampaikan tentang dasa hukum yang mengatur Linmas. Selain itu dia juga penyampaikan tentang perekrutan,tugas dan keanggotaan linmas, serta hal-hal lain yang kaitannya dengan Linmas. Selanjutnya dia juga menyampaikan hak dan juga kwajiban Linmas dalam menjalankan tugasnya.

Selain menyampaikan hak dan kwajibannya, Tri Budiarto juga memberikan tambahan wawasan tetnang pemecahan masalah. Dia menjelaskan tentang beberapa stategi pemecahan masalah dipandang dari beberapa aspek, yaitu:

  1. Aspek Sumber Daya Manusia (SDM)
  2. Aspek Sarana, Prasarana dan Anggaran
  3. Aspek Pencitraan.

Mentutup penjelasannya, Tri Budiarto menyampaikan tentang rencanan program dan strategi Satpol PP untuk optimalisasi perlindungnan masyarakat. Rencana program tersebut yaitu:  Mendorong terbentuknya struktur organisasi satlinmas di tingkat desa  dengan pengambilan sumpah / janji anggota Linmas. Selain itu, peningkatan fasilitas, sarana dan prasarana penunjang tugas operasional linmas, Pemberian kompensas kepada anggota yang bertugas, pembentukan posko di tingkat kabupaten sampai dengan desa, serta peningkatan pemberdayaan linmas melalui pembinaan, pendidikan dan pelatihan.

Selain dari Satpol PP, Komisioner KPU Bantul devisi Teknis juga menyampaikan Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2019. Selain tahapan yang dilaksanakan, baik itu pemilu satu putaran ataupun dua putaran, dia juga menyampaikan  tugas linmas pada proses pemilu 2019. Tugas tersebut adalah menjaga keamanan dan ketertiban masa tahapan pemilu, mreawat hak pilih warga, melaksanakan sisialisasi dan pendidikan bagi masyarakat, serta menjadi petugas keamanan TPS. (louth)

Komentar atas Hadapi Pilurdes dan Pemilu, Satpol PP Kab. Bantul adakan Pelatihan Linmas di Desa Wonolelo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Info Perkembangan Kasus Covid-19

Open Data for Gender

Open Data for Gender Inclusive Development

Open Government Indonesia

Aplikasi Rubah KK Online

Aplikasi Cetak KTP Online

Pengembangan Potensi Masyarakat

Waktu

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License