Wedang Secang, Upaya Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga

27 Juli 2018 21:10:22 WIB

Wonolelo-SID. Sebagian anggota kelompok dasawisma dusun Ploso Rt 03 Wonolelo mengikuti pelatihan pembuatan wedang secang. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari kamis (26/7), bertempat di rumah dukuh Ploso. Acara yang dipandu oleh mahasiswa PBL Stikes Surya Global Kelompok 16 Dusun Ploso Yogyakarta ini berlangsung selama lebih kurang 1.5 jam.

Dalam pelaksanaanya, warga diajari bagaiman meracik wedang secang. Seluruh bahan-bahan yang dibutuhkan dijelaskan kepada seluruh peserta beserta dengan contoh jenis bahan tersebut. Selanjutnya, pemateri menjelaskan langkah-langkah pembuatannya, dimulai dari peralatan, bahan, takaran, hingga proses pembuatannya.  Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan wedang secang diantaranya:

  1. Jahe
  2. Serutan kayu secang
  3. Gula
  4. Serai
  5. Kayu Manis
  6. Daun Salam
  7. Cengkih
  8. Air

Pada proses pembuatannya, jahe di blender hingga halus, kemudian diambil airnya, selanjutnya seluruh bahan dicampurkan kemudian dimasak. Proses pemasakan memakan waktu yang lumayan lama, hingga akhirnya di dapatkan endapan gula berbentuk kristal.

Ibrahim Azis, salah satu mahasiswa mengatakan, kegiatan ini dilakukan agar warga bisa memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam tanaman obat.

“ Tanaman-tanaman tersebut selain untuk obat, bisa diolah untuk dijadikan minuman, diantaranya minuman secang yang sedang dipelajari ini”, ungkap azis.

Selain itu, dia berharap, dengan adanya pelatihan ini bisa menambah kemampuan warga masyarakat dalam pengolahan tanaman obat keluarga. (louth)

Komentar atas Wedang Secang, Upaya Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Info Perkembangan Kasus Covid-19

Open Data for Gender

Open Data for Gender Inclusive Development

Open Government Indonesia

Aplikasi Rubah KK Online

Aplikasi Cetak KTP Online

Pengembangan Potensi Masyarakat

Waktu

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License