Dengan Metode Ekobrik, Siswa MI Al Khoiriyah Belajar Kendalikan Sampah

03 Agustus 2018 23:39:34 WIB

Wonolelo-SID. Siswa MI Al Khoiriyah Melikan mengikuti pelatihan pengelolaan dan pemanfaatan sampah. Acara ini dilaksanakan pada hari Rabu (25/7) bertempat di MI Al Khoiriyah Melikan dengan dipandu oleh mahasiswa Stikes Surya Global. 

Pada kesempatan itu, siswa diajari pemanfaatan limbah botol dan sedotan untuk kerajinan tangan. Limbah-limbah tersebut diolah untuk dijadikan pot ataupun bunga dari bahan-bahan tersebut. Selain itu, siswa juga diajarkan untuk membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya. Selanjutnya, siswa diajari bagaimana memanfaatkan botol sebagai tempat pengumpulan sampah, sehingga menghemat tempat. Sampah-sampah terutama sampah plastik dimasukkan ke dalam botol-botol plastik sampai padat. Metode ini dikenal dengan ekobrik. 

Fatin Zulfa Hanifa, ketua kelompok 22 Mahasiswa PBL mengatakan, antusiasme siswa MI sangat baik. 

"Mereka sangat bersemangat mengumpulkan sampah dan memasukkannya ke dalam botol", imbuhnya. 

Dalam wktu sekejab, sampah-sampah yang berserakan di halaman Madrasah bisa dibersihkan dan dikumpulkan ke dalam botol. Selain itu, bahan-bahan botol dan sedotan dibuat menjadi kerajinan tangan. 

Mengakhiri kegiatan tersebut, siswa-siswa tersebut diajarkan sebuah slogan "1 siswa 5 sampah". Ini dimaksudkan, setiap siswa mengumpulkan minimal 5 sampah setiap harinya. Dari hal ini diharapakan, apa yang telah dilaksnakan pada hari itu akan terus berlanjut pada hari-hari selanjutnya. ( Wiwik Herawati / Louth)

Komentar atas Dengan Metode Ekobrik, Siswa MI Al Khoiriyah Belajar Kendalikan Sampah

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Info Perkembangan Kasus Covid-19

Open Data for Gender

Open Data for Gender Inclusive Development

Open Government Indonesia

Aplikasi Rubah KK Online

Aplikasi Cetak KTP Online

Pengembangan Potensi Masyarakat

Waktu

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License