Sosialisasi Pembentukan BUMDes Desa Wonolelo

28 Agustus 2018 22:16:41 WIB

Wonolelo-SID. Pemerintah desa Wonolelo bekerjasama dengan Perintah Kabupaten Bantul melaksanakan kegiatan sosialisasi pembentukan BUMDes pada selasa ( 28/8) bertempat di aula balai desa Wonolelo. Acara ini dihadiri oleh Plt Lurah Desa Wonolelo beserta pamong, Dukuh se desa Wonolelo, perwakilan lembaga desa, serta perwakilan masyarakat. Sebagai narasumber dihadirkan Tenaga Ahli Pendamping Desa Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) dari Kabuptan Bantul.

Dalam paparannya, Lurah desa Wonolelo, Eko Purwanto, S.IP  berharap dengan adanya sosialisasi ini, bisa segera terbentuk BUMDes di desa Wonolelo. Selain itu, akan ada penambahan pemasukan asli desa, sehingga kedepannya desa tidak hanya tergantung terhadap dana desa.

Tenaga Ahli Pendamping Desa P3MD kabuptan Bantul, Riyaningsih,S.E, dalam paparannya mengatakan, BUMDes didirikan lewat Musyawarah Desa yang permodalan sebagian besar atau seluruhnya dimiliki oleh desa. Pamong desa tidak diperbolehkan terlibat dalam operasional BUMDes.

Dia melanjutkan dengan adanya BUMDes, bisa menjadi sumber pendapatan desa. Dengan adanya sember pendapatan,pembangunan akan semakin lancar.

“Selain menambah PAD, BUMDes juga bisa membuka lowongan pekerjaan bagi warga masyarakat”, imbuhnya.

Selanjutnya, dia menjelaskan bahwa BUMDes bukan merupakan usaha yang mengambil alih atau mematikan usaha yang berkembang dalam masyaraka, namun untuk mendukung  dan memperkuat usaha yang berkembang dalam masyarakat.

“Tetapi juga tidak menutup kemungkinan BUMDes menjalankan usaha baru yang belum ada di desa”, tambahnya.

Selain itu, dia juga berharap, pada hari itu, dibentuk tim perumus BUMDes, yang bertugas untuk Membentuk AD/ART, menganalisa dan memetakan potensi yang ada di desa. Tim perumus juga  bertugas menyusun studi kelayakan dan rencana usaha.

“Kedepannya, seluruh elemen masyarakat diharapkan terlibat dalam pengelolaan BUMDes”, pungkasnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan pembentukan tim perumus yang terdiri dari 4 orang dari pamong desa, 4 orang dari BPD dan 3 orang dari lembaga desa. (Louth)

Komentar atas Sosialisasi Pembentukan BUMDes Desa Wonolelo

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Info Perkembangan Kasus Covid-19

Open Data for Gender

Open Data for Gender Inclusive Development

Open Government Indonesia

Aplikasi Rubah KK Online

Aplikasi Cetak KTP Online

Pengembangan Potensi Masyarakat

Waktu

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License