Cek Kesehatan Bagi Lansia Di Dusun Ploso

08 Agustus 2019 22:59:10 WIB

Wonolelo-SID. Kelompok 14 PBL STIKes Surya Global Yogyakarta bersama Kader Posyandu Dusun Ploso adakan Penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan untuk Lansia. Kegiatan ini diadakan pada  kamis (08/08) bertempat di rumah dukuh Ploso. Kegiatan ini diikuTi tidak kurang dari 70 lansia se dusun Ploso. Kegiatan yang juga bersamaan dengan Posyandu Lansia ini dihadiri oleh Petugas dari Puskesmas Pleret,Kader Posyandu dusun Ploso, relawan Medis dari Baznas dan juga anggota PBL Kelompok 14.

Sebelum pelaksanaan pemeriksaan kesehatan, seluruh lansia yang hadir diajak untuk melakukan senam. Setelah senam selesai, peserta diberikan penyuluhan tentang penyakit yang dipicu oleh kadar kolesterol, gula darah dan asam urat. Selain itu, peserta juga diberikan kesempatan untuk melakukan pengecekan ketiga masalah tersebut didahului dengan penimbangan serta pengecakan tekanan darah. 

Menurut Penanggung Jawab Kegiatan Penyuluhan Erna Kusuma dan Penanggung Jawab Pemeriksaan Imam Tarmizhi, layanan ini diberikan kepada seluruh anggota aktif posyandu lansia dusun Ploso, dan diwajibkan bagi lansia  penerima PKH. 

Dari program tersebut diketahui beberapa lansia yang ada di dusun Ploso memiliki kadar gula darah dan asam urat sangat tinggi. Hal ini menjadi perhatian serius bagi seluruh kader kesehatan yang ada di dusun ploso untuk terus memantau kesehatan warga masyarakat. Selain itu, warga yang memiliki kadar gula maupun asam urat tinggi direkomendasikan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke Puskesmas Pleret, agar segera mendapatkan penanganan lebih, dan diberikan edukasi tetang bagaiman pengendaliannya dengan mengatur pola makan dan juga pola istirahatnya.(Yuyun S_PBL14_Wonolelo)

Komentar atas Cek Kesehatan Bagi Lansia Di Dusun Ploso

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Info Perkembangan Kasus Covid-19

Open Data for Gender

Open Data for Gender Inclusive Development

Open Government Indonesia

Aplikasi Rubah KK Online

Aplikasi Cetak KTP Online

Pengembangan Potensi Masyarakat

Waktu

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License