Cegah Virus Corona Pemerintah Desa Wonolelo adakan Penyuluhan dan Pelatihan Bidang Kesehatan

18 Maret 2020 22:57:17 WIB

Wonolelo-SID. Rabu (18/03) Pemdes Wonolelo adakan kegiatan Desa berupa Penyuluhan dan Pelatihan Kader Kesehatan se Desa Wonolelo bertempat di aula Balai Desa Wonolelo.

 

Kegiatan penyuluhan diikuti 40 orang peserta. Hadir dalam acara ini Lurah Desa Wonolelo, Perangkat Desa Wonolelo, Kader Kesehatan Desa Wonolelo, Bhabinkamtibmas Desa Wonolelo, Dr.Erni Rohmawati Kepala Puskesmas Pleret, Eni Marsiwati Ahli gizi Puskesmas Pleret, Yohana Enjang Rumanti Bidan Desa Wonolelo.

 

Dalam sambutanya Lurah Desa Wonolelo Akhmat Furqon, A.Md menyampaikan ucapan terimakasih kepada peserta yang telah hadir dalam acara ini, beliau juga memberi himbauan kepada seluruh warga desa wonolelo agar tetap waspada, karena virus corona ini berbahaya dan sangat mudah penyebarannya maka wajib untuk ditangani secara serius tanpa menimbulkan kepanikan masyarakat.

 

Sebagai narasumber Dr.Erni Rohmawati memberikan sosialisasi kesehatan tentang bahaya virus COVID-19 (Corona), beliau juga menghimbau agar masyarakat tidak panik dalam menghadapi virus Corona dan tetap waspada.Corona tergolong virus baru yang menyerang saluran pernafasan, virus ini asal muasalnya dari virus influenza yang bermutasi dulunya menyerang ke hewan sekarang dapat menyerang ke manusia. Virus ini dapat menular dari manusia ke manusia yang lain. Cara penularan virus tersebut melalui aktifitas pernafasan, karena gejala penyakit ini meliputi batuk pilek dan panas jadi penularanya saat orang yang terkena virus itu batuk, pilek dan bersin. Jangkauan penularan virus ini jika melalui batuk atau bersin hanya mencapai radius 2 Meter. Virus corona hanya dapat hidup kalau ada medianya jadi tidak bisa hidup di udara bebas, media tersebut meliputi dahak dan ingus. Cara pencegahanya adalah menghindari kontak langsung tanpa terproteksi dengan orang sakit saluran pernafasan, dan hewan peliharaan ataupun hewan liar, menerapkan pola hidup bersih, penggunaan masker, dan penggunaan antiseptik. Beliau berpesan apabila ada yang mengalami gejala tersebut harus segera membawa ke puskesmas terdekat agar segera mendapat penanganan khusus.

 

Acara ditutup dengan diskusi tentang kesehatan yang dipimpin oleh Eni marsiwati. (AliHasan)

Komentar atas Cegah Virus Corona Pemerintah Desa Wonolelo adakan Penyuluhan dan Pelatihan Bidang Kesehatan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Info Perkembangan Kasus Covid-19

Open Data for Gender

Open Data for Gender Inclusive Development

Open Government Indonesia

Aplikasi Rubah KK Online

Aplikasi Cetak KTP Online

Pengembangan Potensi Masyarakat

Waktu

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License