Gladi Posko Sistem Komando Penanganan Darurat Bencana (SKPDB) Tahun 2022

Administrator 28 Juni 2022 12:33:17 WIB

Wonolelo-SID. Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul melaksanakan Gladi Posko SKPDB tahun 2022 serentak pada Selasa (28/06). Kegiatan ini melibatkan berbagai element mulai dari Pemkab Bantul beserta OPD nya, beberapa Kapanewon dan Forkompinkapnya, Kalurahan dan relawan. Diantara Kalurahan tersebut, seluruh Kalurahan di Kapanewon Pleret mengirimkan peserta dan difokuskan di Kapanewon Pleret.Dari Kalurahan Wonolelo hadir Lurah Wonolelo, Jagabaya dan perwakilan dari FPRB Kalurahan Wonolelo.

Dalam Gladi tersebut, peserta dihadapkan dengan situasi mulai dari sebelum bencana, situasi bencana dan pasca bencana. Pada pelaksanaan gladi, beberapa saat setelah bencana terjadi, dalam hal ini gempa bumi, seluruh Kalurahan diperintahkan untuk memberikan laporan situasi terkini wilayahnya masing-masing termasuk korban baik itu meninggal, luka berat luka ringan serta kerusakan yang terjadi akibat gempa tersebut. Data-data tersebut dibutuhkan untuk pengambilan keputusan pasca terjadinya bencana alam. Selain itu, setiap kalurahan juga diperintahkan untuk membentuk posko induk guna mempermudah koordinasi dengan tingkat selanjutnya. 

Panewu Pleret, Siti Fatonah,S.Sos,MM, dalam sambutannya dan menutup acara gladi mengucapkan terimkasih kepada seluruh pihak yang hadir, dan kepada BPBD yang telah memberikan kesempatan gladi kepada Kapanewon Pleret. 

"Harapan kami, kegiatan gladi ini tidak pernah kita praktekan, dan tidak akan ada bencana bumi. Tetapi jika benar-benar terjadi , hari ini kita sudah praktek gladi posko, sehingga bisa mengurangi kepanikan dalam penanganan bencana", tutupnya.

Acara ini diakhiri dengan sesi foto bersama seluruh peserta yang hadir. (L-A)

 

Komentar atas Gladi Posko Sistem Komando Penanganan Darurat Bencana (SKPDB) Tahun 2022

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Info Perkembangan Kasus Covid-19

Open Data for Gender

Open Data for Gender Inclusive Development

Open Government Indonesia

Aplikasi Rubah KK Online

Aplikasi Cetak KTP Online

Pengembangan Potensi Masyarakat

Waktu

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License