GELAR POTENSI BUDAYA DESA WONOLELO

20 April 2016 20:31:22 WIB

Wonolelo-SID.  Pemerintah Desa Wonolelo bekerjasama dengan kelompok kesenian adakan Gelar Potensi Budaya. Acara ini diselenggarakan pada hari sabtu-minggu, 16-17 April 2016 di Pendopo Balai desa Wonolelo. Kelompok kesenian tersebut meliputi Jatilan, Emprak(Sholawatan), Hadroh, Tari dan Ketoprak. Tujuan diadakannya acara tersebut adalah sebagai upaya memperkenalkan kesenian tradisional kepada kaum muda dan juga untuk melestarikan budaya tersebut. Selain itu, hal ini merupakan salah satu upaya pemerintah desa untuk mengapresiasi dan memfasilitasi seluruh kelompok kesenian agar bisa tampil di hadapan masyarakat Desa Wonolelo.

Salah satu Staff desa Wonolelo, Ernawati mengatakan, dengan adanya Gelar Potensi Budaya ini, masyarakat Wonolelo lebih mengenal budaya dan kesenian tradisional.

"Kegiatan ini sebagai salah satu upaya pemerintah desa untuk melestarikan budaya dan kesenian tradisional yang ada di Wonolelo", tambah Erna.

Hal senada juga diungkapkan ketua Karang Taruna Desa Wonolelo, Fuad Fauzi. Dia menambahkan, dengan adanya kegiatan ini, masyarakat Wonolelo, khususnya pemuda ikut berperan aktif untuk melestarikan kebudayaan dan kesenian tradisional tersebut.

" Saat ini kalangan pemuda sudah tidak lagi melirik kesenian tradisional, khusunya Ketoprak dan Sholawatan Emprak. Dengan adanya gelar potensi budaya ini, diharapkan generasi muda mau terlibat aktif untuk melestarikan kesenian asli jawa ini", tambah Fuad.

Salah satu pemeran dalam kesenian ketoprak,Tri Tunggal, mengungkapkan, dengan adanya kegiatan ini, diharapkan menjadi titik awal tumbuh dan berkembangnya budaya lokal khusunya di kelurahan Wonolelo. (luth)

 

Komentar atas GELAR POTENSI BUDAYA DESA WONOLELO

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Info Perkembangan Kasus Covid-19

Open Data for Gender

Open Data for Gender Inclusive Development

Open Government Indonesia

Aplikasi Rubah KK Online

Aplikasi Cetak KTP Online

Pengembangan Potensi Masyarakat

Waktu

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License